Kuras Radiator yukk

Selama ini saia emang selalu pake coolant utk air radiator, cuman pas beberapa bulan yang lalu saia ganti waterpump, sama yang masang waktu itu cuman diisi air biasa, dan gue lupa untuk ganti pake coolant sesudahnya. Pas bulan lalu gue turun mesin setengah, buset deh... water jacketnya coklat semua, penuh lumpur endapan. Sedih banget...

Jadi pas ganti S/A di DTMF kemaren gue langsung belanja coolant dan radiator flush. Gue pengen sharing aja step2nya. Walaupun dulu udah sering dibahas, tapi mungkin temen2 yang baru gabung butuh juga infonya.

So, begini nih langkah2nya : ( jangan lupa berdoa dulu yahh )

  1. Matikan mesin.
  2. Buka tutup radiator ( hati hati kalo suhu panas )
  3. Kosongkan air radiator lewat saluran pembuangan radiator dengan membuka baut penguras di bagian bawah radiator. Itu tempatnya di sisi bawah sebelah dalam radiator (menghadap ke dalam). Bisa pake tangan bukanya karena ada sayapnya. Paling gampang, dari depan bumper, jongkok dikit, rogoh ke belakang radiator. Hati2 airnya panas banget kalo mesin masih panas. Kalau airnya masih panas, tricknya, buka bautnya pelan2, sampai air keluar mengucur sedikit, cabut deh buru2 tangan ente. Panas tuh. Terus pake selang masukin air ledeng lewat lubang tutup radiator, biar air dingin masuk dan nyampur ke air panas. Kalo air yang keluar dari pembuangan suhunya udah bisa diterima dengan akal sehat, baru buka bautnya semuanya.
  4. Kalo radiator udah kosong, pasang lagi baut pembuangan, isi dikit pake air ledeng, terus tuang Radiator Flush. Abis itu penuhin lagi radiatornya pake air ledeng.
  5. Nyalakan mesin sekitar 10 - 15 menit. AC jangan dinyalakan. Kenapa segitu lama dan kenapa AC gak boleh nyala? Karena sebenarnya waterpump baru nyala setelah mesin sampai di suhu operasi ideal. Tandanya ketika radiator fan menyala sendiri. Jadi kalau cuman sebentar, cairan radiator flushnya belum sempet ngelewatin semua jalur2 air, baik di dalam radiator maupun di water jacket di dalam blok mesin. Nah, kalo AC nyala, otomatis akan menghidupkan radiator fan juga, yang mengakibatkan suhu operasi ideal makin lama lagi akan tercapai. Dan parahnya lagi, kita nggak tau kapan itu tercapai.
  6. Matikan mesin. Terus kosongkan lagi radiator seperti langkah nomor 3. Air yang keluar dari pembuangan biasanya akan berwarna coklat keruh, karena cairan Radiator Flush akan menggelontor endapan2, termasuk karat jika ada. Ada baiknya siapkan wadah untuk menampung air buangan radiator agar kita bisa ngeliat warna airnya. Ini penting untuk langkah2 selanjutnya.
  7. Setelah radiator benar2 kosong, tutup lagi baut pembuangan. Terus isi lagi pakai air ledeng sampai penuh. Pasang tutup radiator. Nyalakan lagi mesinnya kira2 10 menit, atau pastikan sampai fan menyala sendiri.
  8. Matikan mesin dan kuras lagi radiator dengan cara seperti diatas. Perhatikan warna air yang keluar.
  9. Ulangi langkah 7 - 8, sampai air yang keluar benar2 jernih dengan melihat air di wadah pembuangan. Hal ini sangat penting, karena kita harus memastikan bahwa cairan Radiator Flush benar2 sudah tidak tertinggal lagi di seluruh saluran air, karena cairan ini sifatnya sangat korosif. Makanya penting untuk menyiapkan wadah penampungan air buangan, agar kita bisa melihat kualitas air buangannya.
  10. Biasanya pengurasan di langkah 7-8 diperlukan pengulangan sekitar 2 - 3 kali, tergantung dari cairan Radiator Flush-nya. Kemarin saya pake merk ProCare, dua kali pengurasan sudah bersih. Dulu pakai Prestone butuh 3 kali pengurasan.
  11. Setelah memastikan radiator benar2 bersih dari cairan Flush, langsung diisi penuh deh dengan cairan Radiator Coolant. Kalau saya merekomendasikan pakai Coolant galonan, yang tidak perlu dicampur lagi dengan air. Ada juga Coolant yang bentuknya concentrate yang perlu dicampur air dengan komposisi tertentu. Masalahnya adalah kita nggak bisa yakin juga dengan kualitas air pencampurnya kan? Anyway, kemarin saya pakai Coolant merk Prestone. Harganya sekitar 60 ribu per galon.
    Jangan lupa tabung reservoir juga dilepas, dikuras bersih, dan diisi Coolant hingga level maksimum. Jangan diisi lebih dari itu (banyak saya liat orang ngisinya sampai luber2), karena percuma saja. Reservoir itu gunanya untuk menjaga level volume air radiator yang diatur oleh Radiator Cap (tutup radiator). Jadi jangan anggap remeh tutup radiator itu, karena dia lah yang mengatur kapan air di dalam radiator mesti dibuang ke reservoir atau kapan dia mesti nyedot air dari reservoir berdasarkan tekanan di dalam radiator.