- > Cara Upgrade OS Blackberry

Pada Setiap handheld pasti ada kelebihan atau kekurangan.
Biasanya setiap firmware terbaru pasti ada perbaikan dari versi sebelumnya, itulah sebabnya banyak yang ingin mengupgrade firmware handheld ke versi terbaru.

Berikut cara Upgrade OS itu sendiri :


1. Install Desktop Manager.
Untuk install Dekstop Manager bisa di ambil dari CD bawaan paket pembelian atau download dari http://www.blackberry.com.

lakukan instalasi dan ingat saat ada pilihan ini :

  • Blackberry Enterprise Server or Blackberry Dekstop Redireector
  • Blackberry Internet service
pilih Blackberry Internet Service karena tutorial ini buat pengguna BIS alias personal. Untuk sedikit menghemat waktu pilih Installasi Custom dan buang saja media manager jika anda sudah mempunyai CD/DVD Burning. Media manager disini Roxio yang hampir sama dengan peranti lunak CD/DVD Burning biasa, hanya saja ada tambahan bisa anda explore isi blackberry baik internal maupun external.


2. Install OS / Firmware yang anda mau atau terbaru.
Tutup Desktop Manager dan Install Os yang anda mau, untuk cari OS terbaru bisa googling ke Google atau ke http://blackberry.bosen.net ( pilih sesuai type handset anda ). klik disini untuk ke blackberry.bosen
ikuti instruksi sampai selesai, jangan menjalankan Dekstop Manager


Install OS yang telah di download
  3. Hapus File Vendor.xml
Buka windows explorer, arahkan ke c:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Apploader, hapus vendor.xml
File Vendor.xml adalah file pengenal, jika OS yang anda punya cocok dengan handset blackberry anda, maka keberadaan file ini tidak akan jadi masalah. Tapi jika OS yang anda download berbeda dengan handset, jangan harap proses update ini bakal bisa berjalan.

4. Proses Upgrade

Hubungkan kabel data ke komputer dan handset. Nyalakan Dekstop Manager, Biasanya akan langsung muncul permintaan untuk upgrade , silahkan lanjutkan saja. Tetapi bila tidak adacpermintaan tersebut.. jangan kecewa.
masuk ke Application Loader > Update Application > ikuti intruksinya...

Disini ada pilihan apa saja yang mau di install di handheld kita , centang aja sesuai yang kita perlukan, nah tinggal ikuti instruksi selanjutnya..


* Proses ini agak lama , bersabar saja selama proses Upgrade ini berlangsung*
** Selama Proses ini jangan ganggu sambungan kabel antara handset sama PC , usahakan memakai laptop karena bila mati listrik masih ada baterai cadangan di laptop**

5. Upgrade Selesai.
Selamat menikmati OS terbaru di handset anda...

DWYOR ( do It by your own risk )